Sat. Jun 15th, 2024
cara-kerja-dropshipper-shopeeFoto: Freepik

Cara kerja – Seperti yang sudah kita ketahui, shopee merupakan salah satu marketplace terbesar yang ada di Indonesia saat ini. Sama halnya dengan marketplace lain, di shopee ini juga kamu dapat menjalankan jual beli baik itu menjadi seller atau buyer. Tentunya, marketplace sebesar shopee dilengkapi dengan keamanan yang sangat tinggi. Dengan begitu kamu tidak perlu mengkhawatirkannya lagi.

Selain dapat menjadi seller dan buyer, tentunya kamu juga dapat menjadi seorang di shopee ini. Lalu bagaimana ? Jika kamu penasaran, pastikan untuk mengikuti pembahasan menarik seputar cara kerjanya berikut ini. 

Cara Kerja Dropshipper Shopee

Sebenarnya, untuk menjadi seorang dropshippper shopee bukanlah suatu hal yang sulit kamu dapat melakukannya dalam beberapa langkah. Untuk itu, kami telah merangkum bagaimana cara kerja dropshipper shopee tersebut:

1. Dropshipper Menawarkan Produk atau Jasa

Sama halnya dengan di beberapa marketplace lain, cara kerja dropshipper shopee pun demikian. Seorang dropshipper tentunya perlu menawarkan produk atau jasa mereka untuk menarik minat pelanggan atau mendapatkan pesanan.

2. Dropshipper Menerima dan Memproses Pesanan

Layaknya seorang seller shopee, seorang dropshipper juga akan menerima pesanan dan perlu memproses pesanan tersebut. Namun, dropshipper tentu tidak perlu melakukan packing dan pengiriman karena itu semua sudah menjadi bagian dari supplier.

Baca juga: Mana yang Untung? Ketahui Bedanya Reseller dan Dropshipper

3. Pengubahan No Resi

Setelah menentukan kapan barang akan masuk pada tahap pengiriman, dropshipper perlu memastikan bahwa ia mengubah resi tersebut. Pasalnya, no resi yang mereka dapat berasal dari supplier. Dengan begitu, seorang dropshipper perlu mengubahnya agar dapat menyesuaikan dengan status pengiriman. 

See also  Inilah Beberapa Tips Agar Jualan Online Laris Manis

Untuk pengubahannya, terdapat dua cara yaitu melalui customer service atau mendaftar fitur gratis ongkir xtra. Jika melalui cs shopee, maka dropshipper perlu mengkonfirmasi dan menyampaikan maksud mereka ingin mengubah status pesanan dan penginputan no resi. Jika kamu telah terdaftar fitur gratis ongkir xtra, maka dapat melakukan penginputan no resi secara manual.

4. Buyer Mengkonfirmasi Pesanan

Sama halnya dengan seller, nantinya proses akan berubah status menjadi dikirim. Nah, jika buyer sudah menerima pesanan tersebut umumnya mereka akan mengkonfirmasi dan memberikan review atau ulasan mengenai produk atau jasa yang mereka beli. 

By javas

9 thoughts on “Jadi Begini Cara Kerja Dropshipper Shopee”
  1. Thank you for your sharing. I am worried that I lack creative ideas. It is your article that makes me full of hope. Thank you. But, I have a question, can you help me?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *